Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Apa saja pedoman saat mencari lowongan kerja di Facebook?





Sebuah panduan resmi dari Facebook.
Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda mencari lowongan kerja di Facebook:
  • Hindari lowongan kerja yang terlihat terlalu muluk-muluk: Jika sebuah pekerjaan terlalu muluk-muluk, mungkin memang sebenarnya begitu. Waspadai perusahaan yang menawarkan untuk merekrut Anda tanpa wawancara, membayar gaji sebelum Anda bekerja, atau menjanjikan gaji tinggi untuk pekerjaan ringan (misalnya: $12 untuk tiap amplop yang Anda isi).
  • Cari informasi tentang perusahaan: Untuk melindungi diri Anda dari penipuan atau kecurangan lain, carilah informasi tentang perusahaan yang membuka lowongan. Waspadai lowongan kerja yang hanya memuat sedikit informasi tentang perusahaan (misalnya: tanpa nomor telepon, alamat, atau situs web), atau perusahaan yang menawarkan wawancara melalui SMS atau aplikasi berkirim pesan, bukannya wawancara langsung atau konferensi video. Hindari lowongan kerja yang banyak memuat kesalahan ejaan dan tata bahasa atau deskripsi pekerjaannya tidak jelas dan memerlukan sedikit pengalaman kerja atau bahkan tidak sama sekali.
  • Laporkan lowongan yang meminta pembayaran di muka: Meskipun karyawan mungkin harus membayar beberapa barang setelah direkrut, perusahaan seharusnya tidak mensyaratkan pembayaran di muka untuk melamar pekerjaan. Biaya yang biasanya diminta dalam penipuan ini meliputi: biaya pendaftaran, biaya penempatan perekrut, biaya reservasi wawancara, biaya pelatihan, biaya penulisan kembali/perubahan format CV, atau biaya pemeriksaan latar belakang. Jika perusahaan meminta Anda membayar biaya-biaya tersebut, segera laporkan lowongan itu. Waspadai juga perusahaan yang meminta uang untuk biaya perjalanan bisnis, materi atau pelatihan awal, dan yang berjanji akan mengembalikan uang yang Anda bayarkan.
  • Waspadai pekerjaan pengiriman barang yang dilakukan dari rumah: Dalam beberapa penipuan pengiriman, karyawan mungkin diminta untuk mengirimkan dan menerima paket yang telah dibeli dengan identitas atau kartu kredit curian, atau yang berisi wesel palsu. Penipuan ini biasanya terlihat seperti posisi pekerjaan yang dilakukan dari rumah dan sering diiklankan dengan nama pekerjaan, seperti “asisten pemroses paket” atau “manajer suvenir”. Untuk informasi selengkapnya tentang penipuan pengiriman, kunjungi situs web U.S. Postal Inspection Service.
  • Lindungi privasi Anda: Meskipun perusahaan resmi sering meminta detail sensitif saat proses pendaftaran, pastikan Anda memasukkan informasi itu dalam formulir yang aman (jika Anda membuka situs web perusahaan, bilah alamat harus bertuliskan "https"), dan jangan berikan detail pribadi atau keuangan secara langsung melalui Messenger.
  • Jangan lakukan transaksi keuangan apa pun atas nama perusahaan: Perusahaan tidak boleh meminta Anda melakukan transaksi keuangan atas namanya (misalnya: mentransfer dana, menerima uang, mencairkan cek), dan jika Anda melakukannya, Anda bisa dituntut atas dasar penipuan dan menghadapi tindakan hukum lebih lanjut. Dalam jenis penipuan ini, Anda mungkin diminta meneruskan cek kosong dengan mentransfer uang antarrekening bank atau membeli bahan kerja menggunakan cek kosong.
  • Bertemu di lokasi yang aman: Saat wawancara atau bertemu dengan pelaku bisnis, pastikan Anda bertemu di tempat yang aman. Jika Anda harus bertemu calon atasan di rumah pribadi atau di lokasi yang lebih terpencil, pertimbangkan untuk mengajak teman.

Jika Anda khawatir tentang lowongan kerja di Facebook atau menduga lowongan itu melanggar Kebijakan Lowongan Kerja di Halaman kami, Anda bisa melaporkannya langsung dari sudut kanan atas postingan itu. Jika Anda merasa telah ditipu, segera hubungi aparat penegak hukum setempat. 


sumber: https://www.facebook.com/help/1749829655318245

Post a Comment

0 Comments